Senin, 22 Agustus 2011

KEGUNAAN MEDIA ICT DALAM PEMPELAJARAN PAI


Kegunaan Media ICT Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Terdapat tiga kegunaan penerapan Internet and Communikcation Teknology (ICT) jika diterapkan dalam pembelajaran tidak terkecuali Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)..
1.      Bergfungsi/berguna sebagai alat untuk memebentu pembelajaran
2.      Sebagai ilmu pengetahuan
3.      Sebagai alat bantu pembelajaran
                                     
 Tidak dapat dicegah proses transortasi ICT ini di zaman atau era informatika ini. Guru PAI dituntut untuk mampu memposisikan diri sekurang-kurangnya dua hal, yaitu:
1.      Mempu menggunakan dalam arti mengoprasdikan
2.      Mampu mengambil manfa’at dari media tersebut
Oleh karena itu, Guru PAI harus mampu mengadaftasi perkembangan era informatika ini, terlebih tuntutan pembelajaran yang bercirikan PAIKEM tidak lagi bias ditawar-tawar lagi dalam pendidikan modern ini. Penerapan ICT dalam pembelajaran PAI dipandang mempunyai kegunaan yang banayak dan porgresif. Berikut ini diantaranya:
1.      Pembelajaran akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbihkan motivasi pembelajaran
2.      Bahan pembelajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahami oleh siswa dan memungkinnya menguasai dan mencapai tujuan pembelajaran
3.      Metode mengajart akan lebih bervariasi, tidak semata-mata komunikasi verbal melalui penuturan kata-kata oleh guru sehingga dapat dihilangkan kesan monoton dan membosankan
4.      Siswa dapat lebih banyak melakukan kegiatan belajar, sebab tidak hanya mendengarkan uraian guru tetapi aktivitas lain seperti mengamati, melakukan mendemonstrasikan, memerlukan dan melakukakn pencaharian-pencaharian dan sebagainya.
Nama : Wahyudin                                                           Kelompok : 15

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar